Materi dan Soal Sistem Pernapasan Kelas 5 Semester 1


Diambil dari Buku Paket milik Pusat Perbukuan atau PUSKURBUK Departemen Pendidikan Nasional. Admin Bimbel Semanggi menghadirkan materi dan Soal Sistem Pernapasan kelas 5 pada semester 1  ini. Materi ini digunakan untuk memudahkan siswa untuk membaca dan belajar dimana saja.

1. Alat Pernapasan pada Manusia dan Fungsinya
 Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Tanda bahwa seseorang bernapas adalah dadanya bergerak kembang kempis secara teratur. Bersamaan dengan kembang kempisnya rongga dada, hidung juga menghirup dan meng embuskan  udara.

Ketika kamu hendak bernapas, mula-mula udara masuk melalui hidung. Kemudian, udara bergerak menuju faring (tekak) dan laring. Laring disebut juga jakun, yaitu tempat dihasilkannya suara.
Selanjutnya, udara menuju trakea (teng gorokan). Trakea ini memiliki dua cabang yang disebut bronkus. Kedua cabang bronkus berujung di paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Bronkus ini bercabang-cabang menjadi bronkiolus yang berakhir di alveolus atau gelembung paru-paru. Pada saat menghirup udara,diafragma mendatar. Mendatarnya diafragma menyebabkan volume rongga dada dan paru-paru membesar. Akibatnya, udara dari luar tubuh masuk ke paru-paru. Udara yang masuk ke paru-paru adalah oksigen (O2).

Pada saat kamu mengembuskan napas, diafragma melengkung ke atas mendesak paru-paru.Paru-paru menyusut dan mengempis. Akibatnya, udara keluar dari paru-paru. Udara yang kamu embuskan terdapat uap air dan karbondioksida (CO2).

Selain diafragma, bagian tubuh yang berperan saat menghirup dan mengembuskan napas adalah otot antar tulang rusuk. Diafragma merupakan sekat antara rongga dada dan rongga perut.
Ketika kamu menghirup udara, udara masuk ke dalam paru-paru. Begitu udara sampai di paru-paru, oksigen (O2) atau zat asam yang ada dalam udara mengganti tempat yang ditinggalkan oleh CO2
. Pertukaran gas ini terjadi di dalam alveolus.
Oksigen akan diedarkan ke seluruh tubuh dengan menggunakan saluran pembuluh darah.
Jadi urutan proses pernapasan pada manusia sebagai berikut.





sistem pernapasan manusia


Alat Pernapasan pada Beberapa Jenis Hewan

 Seperti manusia, hewan juga bernapas. Alat pernapasan pada hewan berbeda-beda. Agar kamu mengetahui perbedaan alat pernapasan berbagai jenis hewan


Alat Pernapasan Cacing Tanah
Seperti makhluk hidup lainnya, cacing tanah juga bernapas. Cacing tanah ber napas melalui kulitnya. Oksigen diserap masuk melalui kulitnya. Kemudian, oksigen diedarkan keseluruh tubuh oleh darah melalui pembuluh darah.


 Alat Pernapasan Ikan
Ikan bernapas menggunakan insang. Insang ini terletak disebelah kanan dan kiri bagian kepala. Lem baran insang yang terdapat pada ikan berfungsi sebagai tempat pertukaran udara. Air yang mengandung oksigen akan masuk melalui mulut sebelum mencapai insang. Di dalam insang, oksigen yang ada di dalam air diserap oleh pembuluh darah. Secara bersamaan pembuluh darah halus melepaskan karbon dioksida. 







Sistem Pernapasan hewan


MENCOBA SOAL  

== > Soal Ulangan Harian Kelas 5 Sistem Pernapasan







0 Response to "Materi dan Soal Sistem Pernapasan Kelas 5 Semester 1 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel