Materi Kelas 4 Rangka Tubuh Manusia Semester 1




Materi ini diambil dari Pusat Perbukuan (Departemen Pendidikan Nasional) yang mana  Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan.

Manusia memiliki tubuh yang sempurna. Tahukah kamu bahwa bagian tubuh kita terdiri dari otot dan tulang? Tubuh kita memiliki otot yang melilit tulang. Perpaduan fungsi otot dan tulang  engakibatkan
kita dapat berdiri dan berjalan dengan tegak.  Kita juga dilengkapi alat indra untuk menangkap rangsang dari  luar. Alat indra apa saja yang kamu miliki? Bagaimana cara memelihara  anggota tubuh tersebut? Untuk mengetahuinya, mari kita pelajari bab ini dengan saksama.

Rangka Manusia dan Fungsinya

Rangka adalah tulang yang tersusun di dalam tubuh. Bagaimana cara mengetahui bahwa manusia memiliki rangka? Apa sajakah bagian-bagian rangka? Kamu dapat merasakan keberadaan tulang dengan menekan jari tangan. Pada tubuhmu,  dapatkah kamu merasakan bagian yang keras?  Bagian itulah yang disebut tulang keras. Selain tulang keras, di dalam tubuh juga terdapat tulang lentur. kedua bagian tulang ini menyusun rangka. Tulang lentur itu disebut tulang rawan. Kamu dapat menemukannya pada sendi, hidung, dan telinga.


Bentuk tulang-tulang pada rangka tidak sama. Ada yang berbentuk pipa, pipih, dan ada pula yang tidak beraturan. Contoh tulang yang berbentuk pipa terdapat pada tulang betis, tulang kering, tulang paha, dan tulang lengan. Tulang yang berbentuk pipih terdapat pada tulang ekor. Adapun tulang yang tidak beraturan  bentuknya terdapat pada tulang panggul.


Rangka tubuh terbagi atas tiga bagian, yaitu tengkorak, tulang badan, dan tulang anggota  badan. untuk lebih jelasnya, mari kita lihat
Gambar 1.3.

Rangka tubuh manusia tampak dari (a) depan dan (b) belakang.


Rangka manusia mempunyai fungsi utama menegakkan dan memberi bentuk tubuh. Fungsi tengkorak adalah untuk melindungi otak. Tulang-tulang badan berfungsi melindungi jantung dan paru-paru. Sementara itu, tulang tulang anggota badan berfungsi sebagai alat gerak. Fungsi bagian-bagian rangka  diperlihatkan pada gambar berikut.




Lanjut mengerjakan soal Rangka Tubuh Manusia kelas 4 

0 Response to "Materi Kelas 4 Rangka Tubuh Manusia Semester 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel