Soal dan materi Kelas 5 tema 4 subtema 1 Peredaran Darahku Sehat

KELAS 5 TEMA 4 SUBTEMA 1 Peredaran Darahku Sehat


Manusia hidup memerlukan oksigen dan makanan. Oksigen dan sari makanan itu diedarkan ke Seluruh bagian tubuh. Bagian tubuh yangbertugas mengangkut dan mengedarkan oksigen dan sari makanan adalah darah. Peredaran darah di dalam tubuh manusia terjadi melalui alat peredaran darah. Apa sajakah alat peredaran darah manusia? Alat peredaran darah manusia adalah jantung dan pembuluh darah.


Alat Peredaran Darah Manusia

1. Jantung
Jantung merupakan alat yang sangat penting. Jantung bertugas memompa darah dalam tubuh. Jantung berukuran sekepal tangan manusia atau sekitar 300 gram. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri atas. Jantung terdiri dari empat ruangan yaitu serambi kiri,  bilik kiri, serambi kanan,
 dan bilik kanan. Pada jantung terdapat katup jantung. Katup jantung ini berada di antara serambi dan bilik. Katup jantung berfungsi mencegah darah agar tidak bercampur.


Mengalirnya darah di dalam tubuh disebut sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah dalam tubuh ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Sistem  peredaran darah kecil, yaitu darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru-paru
terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2)  dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2 ). Darah yang banyak mengandung O2  kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Sistem peredaran darah kecil sebagai berikut.


Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) melalui arteri besar (aorta). Selanjutnya, terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbon
dioksida di seluruh tubuh. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan. Sistem peredaran darah besar adalah sebagai berikut.




Jantung kita

Perhatikan gambar diatas. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi (kanan dan kiri) dan bilik (kanan dan kiri). Jantung berfungsi  memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memiliki otot yang tebaldan kuat. Otot yang tebal berkaitan dengan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Bagaimana darah dapat beredar ke seluruh tubuh? 
Darah dapat beredar melalui sistem peredaran darah.



Perhatikan Gambar diatas . Darah beredar di dalam tubuhmelalui dua sistem peredaran darah, yaitu

a. Peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung menuju paru­paru, kemudian kembali lagi ke jantung. Darah yang menuju paru­paru mengandung karbon dioksida, sedangkan darah yang kembali ke jantung mengandung banyak oksigen.

b. Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung. 
Lihat video dibawah ini


2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik Pembuluh nadi disebut arteri. Pembuluh balik disebut vena. Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh balik  yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang kaya akan karbon dioksida  dari seluruh tubuh menuju jantung. 


Ayo lihat video ini


Darah beredar ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah. Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Pembuluh nadi mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh balik mengangkut darah dari
tubuh kembali ke jantung. Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Semakin jauh
dari jantung, ukuran cabang-cabang pembuluh itu semakin kecil. Pembuluh darah yang paling kecil terletak di jaringan tubuh dan disebut pembuluh kapiler. Pembuluh nadi yang terbesar disebut aorta.
Pembuluh balik yang terbesar ada dua, yaitu pembuluh balik atas dan pembuluh,balik bawah.
Arteri membawa. perhatikan gambar di bawah ini



3.Paru-paru


Paru-paru juga memiliki peranan yang penting dalam proses peredaran darah. Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Akan tetapi banyak mengandung karbon dioksida. Setelah kembali ke jantung, darah yang akan mengandung karbon dioksida  tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Selanjutnya, karbon dioksida diambil  dan diganti dengan oksigen melalui proses pernapasan. Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung bercabang yang 
jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara. Knatong udara tersebut dinamakan “alveoli”. Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler. Pada jaringan halus kapiler inilah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Paru-paru merupakan organ pernapasan ng terletak di dalam rongga dada. Tepatnya di atas diafragma. Diafragma adalah sekat antara rongga dada dengan rongga perut. Dua buah paru-paru dalam rongga dada dihubungkan dengan udara luar. Bagian yang menghubungkan dengan udara luar adalah batang tenggorok. Paruparu kamu berongga dan lembut seperti spons. Hal ini disebabkan karena banyaknya
pipa dan kantung udara kecil. Di dalam paruparu juga terdapat banyak pembuluh darah.fungsi pembuluh darah ini adalah untuk mengambil oksigen. Proses pernapasan pada manusia dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

a) Pernapasan dada

Merupakan pernapasan yang dibantu oleh otot-otot tulang rusuk. Skema pernapasan dada sebagai berikut:
1) Pada waktu menarik napas: Udara dihirup =>  tulang rusuk terangkat = > rongga dada membesar.
2) Pada waktu melepaskan napas: Tulang rusuk mengendur ke bawah = >  rongga dada mengecil  => udara terlepas.





AyO Mencoba !
Untuk mendapat soal lebih banyak disini

0 Response to "Soal dan materi Kelas 5 tema 4 subtema 1 Peredaran Darahku Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel